Kliping dan Laporan

Laporan Ancaman Terhadap Pembela HAM Lingkungan Papua tahun 2020

Laporan ini memperlihatkan bagaimana Pembela HAM atas Lingkungan selain berjuang mempertahankan tanah, hutan dan lingkungan tetapi harus menghadapi ancaman yang dilakukan oleh negara dan pelaku bisnis. Negara yang memiliki kewajiban untuk memberikan perlindungan kepada Pembela HAM atas Lingkungan justru terlibat melakukan ancaman hingga berkolaborasi dengan pelaku bisnis. Beban Pembela HAM atas Lingkungan semakin berat akibat kondisi pandemik, pembatasan yang dilakukan pemerintah tidak menghalangi nafsu pelaku bisnis memperluas perampasan sumber kehidupan masyarakat.

Masyarakat Adat Juga Indonesia

Masyarakat Adat Juga Indonesia Masyarakat adat adalah komunitas yang hidup turun temurun, berdaulat atas tanah, kekayaan alam dan sosial budaya di wilayah adat. Pada tahun 2018, tercatat sekitar 70 juta jiwa masyarakat adat, tersebar di 2.371 komunitas adat di indonesia. Namun sayang, 43 persen wilayah adat belum diakui kedaulatannya. Lalu apa yang harus pemerintah lakukan, guna terus melestarikan masyarakat adat, yang ada di Indonesia? Simak dalam video motion berikut ini.

Simak! Inilah 10 Perusahaan Sawit Terbesar di Indonesia

Sebagai negara penghasil kelapa sawit terkemuka, Indonesia menjadi markas dari sederet perusahaan sawit yang memilki aset dan pendapatan yang cukup besar. Mayoritas dari perusahaan sawit yang masuk dalam daftar memiliki luas lahan yang mencapai ratusan ribu hektare. Lahan kelapa sawit tersebut tersebar di beberapa wilayah Indonesia, terutama di Pulau Sumatra, Kalimantan dan Papua. Selain itu, kesepuluh perusahaan disini sudah berstatus sebagai perusahaan terbuka (publik), sehingga saham mereka sudah bisa diperjualbelikan.

Scroll to Top