Artikel

Masyarakat Adat dan Kesultanan (Kerajaan)

Terdapat paling sedikit 19 (sembilan belas) istilah peraturan perundang-undangan yang menggunakan kata “Masyarakat Adat/hukum adat/masyarakat tradisional/komunitas adat Masyarakat Adat dengan definisi yang beragam antara lain UU Nomor 5 tahun 1960 Tentang Peraturan Dasar Pokok Pokok Agraria, UU Nomor 5 tahun 1979 Tentang Pemerintahan Desa, UU Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia, UU Nomor 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan, UU Nomor 7 Tahun 2004 Tentang Sumber Daya Air, UU Nomor 18 Tahun 2007 Tentang Perkebunan, UU Nomor 27 Tahun 2007 Tentang Pengelolaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, serta berbagai peraturan perundang-undangan lainnya

Mencari Ruang Untuk Hak Adat Orang Pakava

Perkenalan antara orang Pakava dengan staf YBH Bantaya, telah berlangsung sejak tahun 1995. Yaitu sejak, ketika beberapa tokoh dari orang Pakava di Ngovi dan Moi (Bamba Apu) meminta bantuan untuk menangani masalah yang mereka hadapi. Antara lain, konflik mereka melawan sebuah perkebunan kelapa sawit yang terus menerus hendak mencaplok tanah d wilayah adat orang Pakava.

SAMBUTAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA; Opening Plenary Pertemuan Tahunan IMF-World Bank

Sepuluh tahun yang lalu, kita mengalami Krisis Finansial Global. Berkat langkah-langkah kebijakan moneter dan fiskal yang luar biasa, yang membutuhkan keberanian politik yang besar… Saudara-saudara para pembuat kebijakan …. telah menyelamatkan dunia dari depresi global …. yang pada waktu itu sudah di depan mata… Untuk itu … kami menyampaikan selamat atas kesuksesan Saudara-saudara …. dalam mengatasi Krisis Finansial Global tahun 2008

Menggunakan PCP – ADB dalam Advokasi ICWRMIP

Sampai tahun 2009, terdapat 20 proyek di sektor air yang mendapat kucuran dana dari ADB, di mana 13 proyek mendapat dana hibah, sementara sisanya (7 proyek) dalam bentuk pinjaman.
Status pinjaman dan hibah ADB untuk proyek ICWRMIP sudah dimulai sejak tahun 2004, yaitu sejak adanya persetujuan hibah sebesar 1 juta USD untuk penelitian awal proyek tersebut (TA-4381 INO: Integrated Citarum Water Resources Management), kemudian berlanjut dengan digelontorkannya serial dana hibah, sampai akhirnya ada persetujuan utang sebesar total 500 juta USD (Multi-Tranche Financing Facility: 37049-01), tanggal 4 Desember 2008 lalu.

Scroll to Top