ADB Tahan Pinjaman Tarum Barat

Limbah citarum

29 Mei 2013

BANDUNG–sesuai kesepakatan, pihak ADB masih menunggu finalisasi pembuatan surat keputusan Gubernur Jabar tentang skema pemberdayaan masyarakat terkena dampak khusus dan standar harga satuan dalam rehabilitasi saluran Tarum Bara.

“Jadi baru sekitar Rp30 miliar dari total nilai kontrak,” katanya di Bappeda Jabar, Bandung, Selasa (28/5) kemarin.

Menurutnya sesuai kesepakatan, pihak ADB masih menunggu finalisasi pembuatan surat keputusan Gubernur Jabar tentang skema pemberdayaan masyarakat terkena dampak khusus dan standar harga satuan dalam rehabilitasi saluran Tarum Barat. “Dana dari ADB tersebut untuk proyek konstruksinya seperti pengerukan,” katanya.

Dalam rehabilitasi Tarum Barat, ADB menyetujui agar warga yang menduduki lahan negara sepanjang Tarum Barat dari Karawang-Kabupaten Bekasi hingga Kota Bekasi terlebih dahulu mendapatkan dana bantuan sosial dan biaya relokasi.

Pemerintah sendiri sudah menganggarkan Rp16 miliar untuk dana bantuan bagi 1.300 kepala keluarga yang tinggal di bantaran sungai tersebut.

Proyek Tarum Barat ini menurut Adang dilakukan untuk kepentingan irigasi,perbaikan debit air dan penyediaan air baku bagi DKI Jakarta,Karawang dan Bekasi.

Ruasnya sendiri dimulai dari Bendung Curug,Jatiluhur sampai Cawang sepanjang 52 kilometer. “Uang muka 20% itu untuk mengerjakan ruas dari Curug ke Cibeet sampai Bekasi,” jelasnya. (ija)

sumber: http://www.bisnis-jabar.com/index.php/berita/adb-tahan-pinjaman-tarum-barat

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Scroll to Top