Surat Terbuka Untuk Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar

WhatsApp Image 2021-12-15 at 18.34.11

Jakarta, 15 Desember 2021

Surat Terbuka

Kepada Yth.
Bapak Airlangga Hartarto
Ketua Umum Partai Golkar

Salam solidaritas,

Bersama dengan surat yang kami layangkan ini, besar harap Bapak selalu dalam keadaaan sehat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari,

Bapak Airlangga yang baik.
Profil Pekerja Rumat Tangga (PRT) saat masih berada dalam situasi tidak layak, rentan mengalami kekerasan baik dari dalam dan luar area kerja, perlakuan diskriminatif dan perlakuan tidak layak sebagai pekerja. Terlebih dari itu, karena adanya pengakuan peran PRT sebagai pekerja berdampak pada pemenuhan hak dasar mereka untuk memperoleh hak kesehatan, hak pendidikan, dan hak partisipasi dalam sistem demokrasi. Kelompok PRT masih menjadi warga yang ditinggal dan diabaikan. Bersamaan dengan itu juga beberapa catatan menunjukkan bahwa mereka juga menjadi korban kekerasan seksual, bahkan hingga bunuh diri karena mengalami keputusasaan dalam proses mencari keadilan yang tidak kunjung ada.

Fakta di atas adalah sekelumit masalah di antara permasalahan besar yang dialami oleh PRT. Dalam catatan proses legislasi ternyata Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga sudah masuk Prolegnas dan dalam proses penyusunan naskah hampir 17 tahun. Namun belum ada kepastian apakah RUU PPRT mendapatkan ruang prioritas untuk diselesaikan. Catatan advokasi pengawalan RUU PPRT ini juga menunjukan bahwa beberapa Fraksi, khususnya Fraksi Partai Golkar yang tidak kunjung menyetujui dan mendukung prosesnya di parlemen.

Untuk hal yang lain, kami juga menyesali sikap dan posisi Partai Golkar yang masih menunda RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) yang telah disepakati oleh 7 Fraksi lainnya untuk ditindaklanjuti sebagai inisiatif DPR pada rapat BALEG DPR RI pada 7 Desember 2021. Partai Golkar yang telah lama berkiprah dan pengalaman yang Panjang di Negara Republik Indonesia, sesungguhnya memiliki concern terhadap usaha mendorong dan mewujudkan kesejahteraan warganya sebagai cita-cita yang tertuang dalam konstitusi yaitu Undang-Undang Dasar 1945 yaitu; “Untuk memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa”. Berpihaknya Partai Golkar terhadap dua RUU ini merupakan bagian dari penghargaan terhadap suara-suara yang memilih Partai Golkar selama ini.

Untuk itu melalui surat terbuka rakyat Indonesia ini, kami meminta Bapak menginstruksikan anggota DPR-RI dari Partai Golkar untuk mendukung kejelasan pembahasan RUU PPRT dan mendukung proses penyusunan dan pengesahan RUU TPKS di parlemen, sebagai bentuk komitmen Partai Golkar terhadap hak atas keadilan bagi korban dan masyarakat marjinal.

Demikian surat terbuka ini, kami berharap Bapak dapat menyerap aspirasi kami dan berkenan memberikan instruksi kepada wakil fraksi Golkar di Bamus.

Atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih

Hormat kami,
Jaringan Masyarakat Sipil untuk Advokasi RUUPKS & Pendukung RUUPPRT

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Scroll to Top